Survey Balitbangda Prov. Kaltim

Untuk meningkatkan pelayanan dalam segala bidang, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur memerlukan masukan dari masyarakat khususnya pengunjung website ini. Untuk itu kami mengadakan survey melalui media online ini guna meningkatkan Kinerja khususnya dalam pelayanan Informasi melalui website kami ini. Dibawah ini survey yang kami selenggarakan, kami harap partisipasi anda untuk dapat mengisi survey kami agar pelayanan kami dan website ini terus meningkat.

Beranda » Berita » Rakor Kelitbangan Se Samarinda

Banner

Rakor Kelitbangan Se Samarinda

04 April 2013 | Puput

SAMARINDA - Rapat Koordinasi Kelitbangan se Kota Samarinda diselenggarakan di Balai Kota Samarinda pada tanggal 4 April 2013. Rapat Koordinasi Kelitbangan ini diselenggarakan oleh Badan Diklat dan litbang Pemkot Samarinda bekerjasama dengan biro pemerintahan Pemkot Samarinda. Rakor ini dihadiri oleh Wakil Walikota Samarinda Bapak Ir. Nusyirwan Ismail,  Kepala Badan Pusbindiklat LIPI Prof. Eny Sudarmonowati,  Drs. Teguh Narutomo,MM dari BPP Kemendagri dan Kepala Balitbangda Prov. Kaltim Ir. Hj. Halda Arsyad, MM.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Kota Samarinda menyatakan bahwa Litbang harus mengambil peran sebagai “dapur” kebijakan Pemerintah Kota. Seluruh kebijakan pembangunan yang dilakukan diharapkan dikaji terlebih dahulu oleh lembaga kelitbangan. Diharapkan Badan Litbang nantinya dapat menghasilkan terobosan melalui hasil kajian dan penelitian yang nantinya diharapkan dapat mendukung kota Samarinda sebagai Kota Metropolitan.

Selain itu Nusyirwan juga mengatakan, Kota Samarinda memerlukan kajian mengenai evaluasi reformasi birokrasi yang telah dilaksanakan selama ini, kajian sarana prasarana kota, kajian pusat - pusat pertumbuhan kota di Samarinda, kajian mengenai peran Kota Samarinda sebagai pusat perdagangan dan jasa, Pertambangan, Kajian mengenai pengentasan kemiskinan, kemacetan, Banjir dan lingkungan.

Nusyirwan juga mengharapkan dalam waktu dekat, Litbang Kota Samarinda dapat menjadi lembaga yang mandiri baik dalam wewenang maupun anggaran sehingga tugas dan fungsinya dapat menjadi maksimal dan Pemerintah Kota akan mendukung sepenuhnya langkah tersebut.

Di kesempatan yang sama, Prof. Eny juga menyatakan bahwa LIPI bekerjasama dengan Ristek telah berupaya untuk meningkatkan SDM para peneliti di lembaga kelitbangan pusat dan daerah melalui peningkatan insentif dari yang paling rendah untuk peneliti pertama sekitar Rp. 1.100.000 sampai yang tertinggi untuk profesor riset yaitu Rp. 5.200.000.” Kami mengharapkan para dengan adanya kenaikan insentif ini dapat memacu peneliti untuk terus menghasilkan tulisan – tulisan yang berkualitas”. Tandasnya.

Pada kesempatan ini, Drs. Teguh Narutomo, MM juga mengutarakan bahwa perlu adanya program kelitbangan di daerah yang bermuara pada penguatan kelembagaan kelitbangan pemerintah dalam negeri, peningkatan kualitas SDM Kelitbangan, dan penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDA) Pemerintahan Dalam Negeri. "Saat ini kami sedang mensosialisasikan progam SIDA (Sistem Inovasi Daerah) yang diharapkan dapat menjadi wadah pegimplementasian riset dan teknologi ke dalam kebijakan pembangunan di setiap daerah".Ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Balitbangda Prov. Kaltim Ir. Hj. Halda Arsyad, MM didaulat sebagai keynote speaker oleh panitia. Dalam paparanya mengenai kelitbangan Kaltim,  Ir. Hj. Halda Arsyad MM, mengatakan bahwa dalam penguatan litbang, perlu penguatan SDM di dalamnya.”SDM para peneliti harus ditingkatkan, karena mereka ujung tombak dari lembaga ini”, Tandasnya. Selain itu Beliau juga memaparkan program – program dan prestasi yang sudah dilaksanakan oleh Balitbangda Kaltim. Dari semua program yang ada, SIDA (sistem Inovasi Daerah) merupakan salah satu program nasional dimana dari seluruh Balitbangda se Indonesia, baru Balitbangda Prov. Kaltim yang memiliki Road Mapnya.

Di saat yang sama, beliau juga menambahkan siap bekerja sama dengan Balitbangda Kota Samarinda dalam hal aspek penelitian dan pengkajian. “saya harap, harus ada forum diskusi antar peneliti Litbang Kaltim dan Litbang Kota Samarinda dan kami siap membantu” tandasnya.(puput).

Berita Lainnya

Video Litbang

Statistik Pengunjung



Aplikasi






Pengumuman

Selasa, 20 Mei 2014 - 09:33:22 WIB

Program Penelitian Terapan Bagi Dosen PTN/PTS tahun 2014

PENDAHULUAN Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sebagai bagian dari triple heliks telah menyusun Rencana Pembangunan... Selengkapnya

Kamis, 27 Februari 2014 - 14:45:50 WIB

Rekapitulasi Penerimaan Penghargaan Penilaian SKPD Terbaik Di Lingkungan Pemprov. Kaltim untuk Tahun

Daftar Urutan Penerima Penghargaan SKPD Terbaik Tahun 2013 1. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Prov.... Selengkapnya

Artikel

Selasa, 05 Agustus 2014 - 11:54:23 WIB

Peneliti LIPI Temukan Spesies Baru Tikus Air di Sulawesi

Kerja sama penelitian antara ilmuwan Australia, Indonesia, dan Amerika serta penduduk lokal Kabupaten Mamasa, Sulawesi... Selengkapnya

Senin, 02 Juni 2014 - 08:53:41 WIB

4 Buah Ini Mampu Hindarkan Dehidrasi

Di suhu udara yang selalu panas seperti saat ini, tubuh Anda akan cenderung kehilangan banyak cairan tubuh atau... Selengkapnya

Komentar BukuTamu

BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Jl. MT. Haryono No. 126 Tlpn. 0541-201446 Fax. 0541-746797, 732286 - Samarinda - Kalimantan Timur 75124
Website : http://litbang.kaltimprov.go.id E-Mail : humas@litbang.kaltimprov.go.id